Cara Membuat SKCK di Polres Garut



Nah ges, ini petanya yaa. Kalian tinggal ikutin panahnya aja :)




Hai ges! Kali ini gue mau sharing gimana cara, tahap tahap, dan persyaratan dalam pembuatan SKCK, khususnya nih di Polres tempat gue tinggal, Garut.

Eitss, tunggu dulu, gue klaim diawal ya kalau tulisan gue ini pure dari pengalaman gue. Dan gue juga bakal bikin tulisan ini sesantai mungkin, gak kaku kaya kanebo kering. Sip?

Oke, pertama persyaratannya ya ges. Gue sempet baca baca di internet ‘Syarat membuat SKCK’ dan hasilnya lo di suruh ngumpulin :
1. Fotocopy KTP (2 lembar)
2. Fotocopy KK (2 lembar)
3. Fotocopy Ijazah terakhir / Akta lahir (2 lembar)
4. Foto 4 X 6 (6 lembar)

Dan gue bawa sebanyak banyaknya fotocopyan itu, karena yang di internet itu nyuruhnya bawa sebanyak banyaknya biar gak perlu bolak balik. Ah lupa, katanya lo harus bawa semua yang aslinya yaa.

Nah sekarang, persyaratan yang gue temuin di lapangan. 

Jam 8 kurang 20 gue sampe di Polres Garut di jl. Jendral Sudirman. Nanti lo masuk aja ke gerbang awal yang udah gue tandain di gambar itu yaa, nah sebelum masuk lo nanti ke pos jaga dulu, laporan, mau ngapain lo ke sana. Dari situ, lo tinggal ikutin panah yang udah gue gambar yaa. 

Nyampe sana, ternyata udah banyak orang. Katanya bukanya jam 8, tapi nyatanya jam setengah 9 baru di buka. Kalian jangan kaya gue yang malu bertanya sesat di jalan ya ges, banyak tanya aja. Nah sebelum lo masuk ke tempat pembuatan SKCK, buat lo yang belum punya SKCK lo harus dateng ke gedung yang ada di belakangnya (ada di gambar) buat bikin sidik jari.

Disana, lo tunggu pintunya di buka. Terus nanti lo antri buat ngambil formulir yang perlu lo isi. Lo nanti di kasih 2 lembar kertas, diisi ya ges sesuai dengan apa yang udah di contohin di temboknya.

 Setelah formulirnya diisi, lo masuk lagi terus kasiin sama petugasnya, nanti lo bakal di mintain Foto berwarna dengan latar merah 4x6 (2 lembar), dan foto 2x3 (1 lembar). Lo bakal disuruh nunggu di panggil lagi buat sidik jarinya. Setelah sidik jari selesai, lo disuruh nunggu lagi buat ngambil semacam kartu sidik jari gitu. Terus nunggu agak lama, lo di panggil lagi buat ngambil kartu sidik jarinya. Disana, lo bakal dimintain uang 10.000 (entahuntukapa).

Setelah dapat kartu sidik jari itu, lo bakal di suruh ke kantin buat ngambil antrian. Kantinnya ada di samping ruang pembuatan SKCK. Di kantin, lo bakal dimintain fotocopy kartu keluarga 1 lembar, fotocopy akta lahir 1 lembar, fotocopy KTP 1 lembar, foto 4x6 (3 lembar) sama kartu sidik jadi yang tadi lo terima. 


Terus nanti lo masuk ke ruang pembuatan SKCKnya, lo nunggu deh no antrian lo di panggil, disini lo harus sabar sabar aja yaaa. Setelah no antrian lo dipanggil, lo tinggal kasihin berkas yang udah di klip sama no antrian yang tadi di kantin. Nanti lo ditanya, lo bikin SKCK buat apa? Jawab deh lo bikin buat apa. Terus nanti lo dimintain uang 30.000 (kalauiniadaUUnyayaa).

Setelah no antrian lo dipanggil, lo tunggu lagi deh sampe nama lo dipanggil dan SKCK lo di kasihin sama lo. Setelah lo dapet SKCK itu, lo tanda tanganin disisi kiri foto lo. Kalau mau legalisir, lo bisa fotocopy di sebelah ruang tempat lo sidik jari tadi. 5 lembar harganya 2000. Kalau udah, lo bawa fotocopyan itu ke ruang pembuatan SKCK tadi, di sana ada tempat khusus buat legalisirnya. Kalau udah di legalisir, udah beres deh. Lo boleh pulang. Yeay🎉🎉

Jadi, persyaratan yang gue temui di lapangan adalah:
1. Fotocopy KTP (1 lembar)
2. Fotocopy KK (1 lembar)
3. Fotocopy Akta Lahir (1 lembar)
4. Foto berwarna latar merah ukuran 4x6 (5 lembar) & 2x3 (1 lembar)

NOTE : Jangan lupa bawa pulpen ges, biar gak perlu minjem minjem ke orang. Sip

Oke, segitu aja sharing pengalaman gue dalam proses lumayan melelahkan ini wkwk. Semoga bisa bermanfaat. Loveyouges, see you in another story!

A.N

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bos mau tanya. Kalo gak punya akte lahir/ komsen gimana .??

    Apa harus pake surat pengantar dari kelurahan juga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih kurang tau he.Tapi coba aja dulu minta ke desa, biar nanti pas di Polresnya gak perlu bolak balik lagi :)

      Hapus
  3. Hatur nuhun teteh infonya berguna pisan. Tadi ke Polres jam 09.30 lama pas rekam sidik jari akhirnya gak kebagian antrian. Suruh ke Polres lagi besok :))) Antrinya gak nahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat. Semoga urusannya di lancarin yaa :)

      Hapus
  4. Kak kalo hari sabtu buka nggk yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu, kayanya setengah hari deh. Tapi menurutku lebih baik cari aman di weekdays deh :)

      Hapus
  5. Kira kira hari yang kosong biar ga ngantri hari apa ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya sih susah nyari hari kosong, pasti rata rata harus ngantri. Tapi coba deh jangan di hari senin.

      Hapus
  6. Kalo paket KTP sementara bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja bawa suketnya. Kalau gak salah sih bisa :)

      Hapus
  7. Kalau tanpa akte kelahiran bisa ngga ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa harus ada akte. Klo ga lengkap berkasnya suruh balik

      Hapus
  8. Kalo ijazah terakhir mah ngga ditanyain ya min?

    BalasHapus
  9. Kalau beramgkat pulang kerja abis shalat dzuhur bakal kebagian ga ya antrian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan bakal gak kebagian antrian deh, coba minta izin dulu ke bosnya hehe

      Hapus
  10. Gimana kur kalu buat skck tapi alamatnya bukal alamat di kecamatan kota

    BalasHapus
  11. Ka kalo pke komsen bisa ga Ya???

    BalasHapus
  12. D tahun 2020 persyaratan nya masih sama???

    BalasHapus
  13. Kalo buat skck ,trus persyaratan izajah smk nya belum keluar tp baru di kasih surat LuLus gimana ?gak papa pake surat lukus

    BalasHapus
  14. MOHON DI JAWAB .
    SAYA DARI SULSEL TRUS SYA TINGGAL DI JABAR UNTUK KULIAH TRUS KTP SYA BLUM JDY KEMUADIAN SYA DAFTAR SKCK ONLINE TPI PAS SAYA ISI DATA SYA BACA MASUKKAN DATA SESUAI KTP PEMBUATAN DAN PENGAMBILAN SKCK .SEDANGKAM SYA DI GARUT MASA SYA KE SELSEL KAK NGAMBILNYA.

    BalasHapus
  15. Ka cara bikin SKCK online gimna

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer