ALE! (Cerpen)

    Siapa yang tidak mengenal seorang Alexander Mabrata? Pilot tampan nan mapan yang populer. Ya gue emang populer. Semua orang di Kota Kembang pasti kenal gue.
‘ALEXANDER MABRATA, PILOT TAMPAN INI TELAH MENIKAH SIRI?’
“dafuq! Apa banget ini? Hahah lo udah punya istri Le?” gue melirik Andre najis, gimana gak najis dia ngetawain gue, sambil nepuk nepuk paha gue. Sakit pea!
“Tau, itu orang orang lulus jadi jurnalis gak sih? Berita macem apa yang gak konfirmasi ke orangnya langsung” gue menghela nafas jengah. Pasalnya, ini bukan kali pertama gue jadi topik utama tagline sebuah berita online. Dan semua berita itu tak pernah nyata, mereka semua membuat berita itu tanpa sepengetahuan gue. Wong edan!
“Makanya, cepet cari cewe. Lo udah tua. 27 bro! Mestinya dengan umur segitu lo udah punya 2 anak, 2 istri. Hahah” Gue liat dia jijik berkali lipat. Dia ngomong sama gue, tapi matanya fokus ke ponselnya. Ah, gue tau apa yang dia lakuin.
“Sory ya, gue bukan lo yang nabur benih di mana mana. Udah ah gue cabut! Besok gue ada jadwal.” Gue pake jaket yang tersampir di bahu kursi “1 lagi. Inget lo udah punya bini! Jangan nebar benih dimana mana lagi. Dan jangan baperin anak orang!” Sebelum mendapat omelan dari si somplak Andre, gue buru buru kabur. Kalau enggak, pasti kena damprat. Ngeri!
***
     “Aleeeee!!!”
Gue berbalik, ah pramugari pramugari alay itu. Mereka berlari lari kearah gue, dan masih dengan wajah berharapnya. “hm?”
“Ale, tau gak kalau kita 1 penerbangan?” Tanya salah seorang pramugari dengan mata yang berkedip kedip dan tangan tak berhenti bergelayut di tangan gue.
Gue melepaskan tangan pramugari itu dengan risih, “oh ya? Yaudah kalian benerin sanggul kalian ya, gue mau ketemu capten dulu. Bye semuanyaa!” setelah mengucapkan kalimat itu gue berlari meninggalkan pramugari pramugari itu. Gue bingung, kenapa sih pramugari pramugari itu menatapnya seakan ia adalah daging segar yang siap mereka santap?
“Zidny?” wanita berhijab itu menoleh dengan senyum merekah di wajahnya yang selalu terlihat bercahaya. Entahlah, tapi gue selalu berpikir itu adalah wujud dari wanita itu yang selalu menjaga wudhunya. Wanita itu mendekat, tetap dengan senyumnya. Yang selalu membuat gue gak bisa berkutik. Gue bakal lakuin apa aja asal gue bisa liat senyum dia yang selalu menenangkan itu setiap pagi. Setiap gue bangun tidur. Wake up, Le!
“Ale? Hellooo!” gue menatap mata gadis itu, indah dan akan selalu indah. Gadis ini, gadis yang gak akan pernah bisa gue gapai lagi.
“ah eh zee! He” Gue garuk tengkuk yang gak gatel sama sekali. Malu. Semoga dia gak tau kalau gue lagi ngelamunin dia.”ah, lo ngapain disini? Mau kabur lagi?”
“Hahah enggak. Gue kesini mau jemput Aldi, katanya dia landing jam 7”
“ah iyah” harusnya gue zee. Gue yang lo anter jemput kaya gini. Bukan dia. Dia Cuma orang baru zee, dan gue orang yang selama 11 tahun ini nunggu lo, nyebut lo disetiap doa gue. Ah mungkin ini kali ya arti perjuangan yang sesungguhnya?
“Jahat banget sih Le, ko gak dateng ke acara nikahan gue?” Ia menatap mata gue, meminta penjelasan. Ah wajahnya itu bikin pengen bungkus. Kenapa harus jadi milik orang sih?
“Ah iyah, waktu itu gue ada jadwal Zee. Sorry ya!” gimana bisa gue dateng ke acara nikahan lo, gue gak jamin saat gue balik tubuh gue bakal tetep berdiri kokoh Zee. Dia senyum denger penjelasan gue, walaupun matanya menyiratkan ia kecewa, maaf Zee. Dia ngelirik pintu kedatangan domestik, dia tersenyum sambil lambai-lambai tangannya kearah pria dengan kemeja putih dan semua atribut seperti yang gue pakai.
“Le, itu suami gue. Namanya Aldi” dia balik liat gue sambil nunjuk cowo yang dia sebut suaminya itu. Gue liat cowo itu -Aldi- jalan kearah gue sama Zidny. Di balik wajah lelahnya, gue tahu itu cowo bahagia banget. Iyalah gak bahagia gimana punya istri cantik, shalihah pula. Idaman priaaa. Dan gue berharap, gue yang ada di posisi itu.
“Tahu. Muhammad Aldi Al Fatah kan?” dia ngangguk ngangguk sambil mamerin gigi behelnya karena gue tahu nama suaminya itu. Gue tahu namanya? Iyalah, waktu Zidny bilang dia mau nikah sama pilot dan kebetulan satu maskapai sama gue, gue langsung nyari tahu orang itu. Gue gak mau wanita yang gue jaga selama ini harus jatuh ke tangan orang yang salah. “Zee, gue pergi dulu ya! Gue harus briefing bye!” gue pergi saat gue selesai menandaskan kalimat yang bisa nyelamatin gue. Yah lari dari kenyataan sepertinya lebih baik, daripada harus bertahan dan terus tersakiti dengan kenyataan, kan?
“Yah, Le lo gak mau kenalan sama suami gue dulu gitu?” dia teriak, tapi gue gak peduli. Gue gak mau liat lo bahagia karena orang lain Zee. Gue pengen lo bahagia dan tertawa lepas itu karena gue, bukan karena dia.
***
“Take off yang baik Le!” gue ngelirik capt Heru disamping gue. Dia ngangkat jempol kanannya sambil senyum lebar. Gue selalu seneng kalau satu penerbangan sama Capt Heru. Ia gak akan kehabisan bahan cerita selama di cockpit.
“Hahah Thanks capt!” setelah melakukan high five dengan capt Heru, gue kembali fokus sama tugas gue.
“Itu di luar suara apa sih? Berisik banget.” Suara capt Heru kembali merebut fokus gue, gue ngeliat kearahnya, dan langsung berdiri. Kode banget ini mah. “Saya cek dulu ya capt”
Di depan pintu,  gue ngeliat dua wanita tengah beradu mulut. Yang satu, dia pramugari di maskapai gue. Kalau gak salah namanya Anin, dan yang satu lagi wanita cantik. Dia bukan warga Indonesia, gue yakin. Dia lebih mirip orang Korea atau Chineslah. “Ada apa?”
“Ini Le, penumpang ini. Keukeuh banget pengen masuk ke cockpit dan pengen wawancara kalian. Gue udah bilang jangan, eh dia malah marah-marah” Mbak Anin bersungut sungut saat menjelaskan pokok permasalahannya, gue liat cewe sipit itu. Dia mengulurkan tangannya dan tersenyum. Manis? Eh.
“Halo. Saya Aelke. Saya mahasiswa Jurnalis di Jepang. Saya sedang mengerjakan tugas akhir saya. Kebetulan saya sangat menyukai dunia aviation, maka dari itu saya ingin membuat sebuah Film dokumenter mengenai dunia aviation. Salah satunya crew penerbangan ini.” Gue geli denger logat bicaranya. Dia lancar ngomong bahasa Indonesia, tapi logat Jepang nya itu loh, gak ilang. Kalo gue kerjain, kayanya seru nih. Wkwk
“Sorry mbak Jepang, tidak semua orang boleh masuk cockpit. Mbak pikir, cockpit itu tempat wisata yang semua orang bisa masuki? Silahkan kembali ke tempat duduk Anda, dan selamat menikmati perjalanan Anda” dia menatap gue kesal. Tangannya terkepal menahan marah. Sorry mbak, gue gak peduli. Dia mencengkram tangan kanan gue saat gue berbalik, berniat kembali. Gue ngeliat dia dengan tatapan, ‘ada apa?’
“Anda bilang apa barusan? Nikmati perjalanan saya? Mr, sorry jangan mentang mentang kamu pilot disini jadi bisa besar kepala gitu ya. Saya cuma minta waktu kalian sebentar, 10 menit aja. Tidak lebih”
“Dan asal kamu tahu, saya gak peduli sama sekali. Selamat tinggal!” Sumpah, secantik apapun cewe kalau udah marah gak banget. Jelek sumpah. Gue berbalik dan nutup pintu cockpit. Gue juga denger tuh cewe lagi ngomel ngomel pake bahasa Jepangnya. Gue gak peduli nona, hahah.
“Kamu kenapa Le mesam mesem gitu?” Capt Heru mandang gue aneh. Gue balik natap dia bingung. Mesem apa?
“Mesem apa Capt? Asem yang ada” dia Cuma terkekeh.
***
“Alee!”
Merasa terpanggil, gue berbalik natap Capt Heru aneh. Dia manggil gue, tapi mata dia ke arah lain. “ad...”
“Om Heru!” gue berbalik, cewe Jepang yang tadi didepan cockpit lari larian kearah gue. Eh tadi dia manggil apa? Om Heru?
“Aleeee” Capt Heru mendekat kearah cewe itu dan memeluknya erat. Ah pengen juga dong Capt. Eh? Gue ngomong apa sih?
“Eh maaf ya Le. Kenalin ini anak sahabat saya, namanya Alea” Capt Heru ngenalin cewe Jepang itu, gue kaget. Ko namanya hampir mirip sama gue sih? Eh apa tadi? Bukannya nama dia Aelke ya?
“Aku tidak mau berkenalan dengan lelaki sombong seperti dia Om, dia tadi marah marah sama Ale.”
“Loh, kalian udah pernah ketemu?” dia menjelaskan semua yang terjadi di depan cockpit tadi. Dan gue Cuma bisa nunduk karena apa yang dia omongin bener semua. Dan gue ngerasa malu sama Capt Heru. Argh awas aja lo Cewe Jepang!
***
Dan akhirnya disinilah dia, si cewe Jepang yang niruin nama panggilan gue. Iyah, dia dibolehin masuk cockpit sama Capt Heru, dan dari pertama dia masuk dia gak pernah berhenti ngobrol sama Capt. Heru. Lucu sih denger nada bicaranya itu. Bikin dia tambah imut. Loh, kenapa sih gue?
“Iyah kan Le?” Tiba tiba Capt Heru nyenggol perut gue, yang ngebuat gue sadar dari lamunan gue. Mereka tadi ngomong apa? “ah, kenapa Capt?”
“Aku heran Om, orang bego kaya dia kenapa bisa jadi pilot?” gue melotot denger pertanyaan polos bin sebleng cewe itu. Dia bilang gue bego? Awas aja lo.
“Hahah kamu ini, gini gini Ale ini pilot terbaik disini loh Le” terpujilah Capt Heru! Entah dia tadi sarapan apa tapi gue bersyukur. Thanks Capt! Gue ngeliat dia mencebik “Tapi gak tahu kenapa hari ini dia jadi kaya orang bego gitu Le. Ada kamu kali hahah”
“Iyah ada dia. Lagian ngapain sih Capt dia masih disini? Dia gak punya tiket apa jadi dia duduk disini?” Gue protes berapi api sama Capt Heru, tapi yang di protes malah ketawa sepuasnya. Gue natap dia bingung.
“Hahah saya kira kamu dengerin pembicaraan saya sama Lea tadi, Le. Ternyata kamu lagi ngelamun toh.” Dia natap gue sambil ngapus air mata di sudut matanya. Lipatan dikening gue semakin bertambah.
“Udahlah Om, lelaki itu gak akan bisa bantu aku. Aku pergi Om” sepeninggalan dia, gue natap Capt Heru dengan pandangan ‘ada apa?’. Beliau menceritakan semuanya. Kalau Capt Heru nyuruh gue bantu Alea buat jadi model film yang bakal dia buat. Dan gue gak bisa nolak. Asal lo tau, gue ke-pak-sa.
***
   Udah seminggu gue shooting buat film si Cewe Jepang itu, dan selama seminggu itu pula kayanya jantung gue bermasalah. Setiap deket dia bawaannya deg degan mulu. Ah, mesti cepet ketemu Kean kalau gini ceritanya.
    Hari ini juga, day off terakhir gue. Berarti ini hari terakhir gue ketemu si cewe Jepang. Hhh~ ko berat ya rasanya ninggalin dia? Ah ya, selama seminggu ini juga gue tahu kalau lebih baik di cerewetin dia sehari semalem di banding di diemin dia walau Cuma setengah jam. Rasanya gak enak banget. Sepi.
   “Kamu mau pesan apa Al?” gue tersentak, ngeliat kamu yang lagi bolak balik buku menu aja bikin aku kenyang tau gak?
 “Samain ajalah” iyah, makanan apapun asal sama kamu rasanya pasti bakalan enak Le. Ih ya Tuhan, gue kenapa sih? Cewe satu ini bisa aja bikin gue gila. “oh iyah, kamu belum jawab aku loh Le, kenapa kamu lebih seneng di panggil Ale daripada Lea?”
“Soalnya kalau di panggil Lea, kaya cewe banget. Dan aku gak suka itu” dia mengerucutkan bibirnya. Ah lucu.
“Al”
“Le”
Kita manggil barengan? Ah apa ini? Jodoh? “hahah kamu duluan deh, ladies first”
“jadi gi---“ gue nunggu apa yang bakal dia bilang, tapi ucapannya disabotase orang yang manggil gue dari arah belakang. Gue berbalik daaann
“Zidny? Woah kamu ngapain disini?” Dia berlarian kearahku. Hijabnya menari nari saat ia berlarian seperti itu. Sayang banget kamu udah jadi milik orang, Zee.
“Nah kebeneran nih ada kamu Le, anterin aku dong!” kebiasaannya tetap sama, mengandalkan puppy eyesnya. Dan itu selalu bisa bikin gue ngikutin semua kemauannya. Gue lupa! Gue liat kearah Lea, dia kayanya paham deh. Terimakasih, Le!
“Ah, kamu pergi saja. Aku akan pulang, lagi pula makanan aku sudah habis. Aku permisi. Oh iyah, terimakasih sudah menjadi artisku selama seminggu ini” dia berdiri dan berlari sebelum gue bilang apapun. Itu anak kenapa sih? Atau gue yang salah ya?
***
“Capt Heru!” gue lari mendekat kearah Capt Heru yang mau masuk GOC. Dia berbalik dan tersenyum ngeliat gue yang ngos-ngosan. “Ada yang mau saya tanyain sama Capt”
“Mau nanya apa hm?” Capt Heru ngerangkul gue dan masuk ke GOC beriringan. Ini tempat yang tepat gak sih? Ah emang gue pikirin.
“Udah seminggu ini ponsel Lea gak bisa di hubungi. Ada apa ya Capt?” gue nanya dengan wajah khawatir dan di balas dengan kekehan? Aish
“Lea gak bilang gitu sama kamu? Seminggu yang lalu dia pulang ke Jepang. Tugas dia disini sudah selesai. Saya kira kamu tahu, Le.” Apa barusan? Ke Jepang? Ko gak bilang?
“Je-pang?” gue liat Capt Heru ngangguk ngangguk. “Capt, boleh saya minta alamat dia gak Capt? Atau nama universitasnya gitu?”
“Wah kayanya kamu jatuh ke tangan orang Nipon nih hahah”
***
     Sehari setelah Capt Heru kirim alamat kampus Alea di Jepang, gue langsung terbang kesana. Ah Lea, gue kangen. Gue gak tau dimana tepatnya kampus gadis itu, yang pasti kata orang orang tadi sih ini, gedungnya.
 “Hi, do you know Alea aelke Tanjung? Where her?” orang Jepang ini ngerti gak ya maksud gue? Lagian kenapa sih  tiba tiba gue lupa bahasa Jepangnya nanya orang?
 “アリアですか?コンピュータラボ (Alea? Dia di lab komputer)” apa katanya tadi? Lab komputer? Kalau bahasa Jepang gue bener sih, iyah.
“ありがとうございました (Terima kasih)” Gue lanjut jalan kearah koridor yang perempuan tadi tunjukin. Semoga gue gak tersesat, kalau tersesat sumpah gedung ini gede. Susah nyari jalan balik.

“Lea?” Gue liat Gadis yang selama ini ganggu pikiran gue lagi duduk di bawah pohon sakura yang lagi berguguran. Dramatis banget. Gadis itu selalu mempesona, bagaimana pun keadaannya.
“Kamu sedang apa disini?” Seterkejut apapun dia, matanya tetap seperti itu. Segaris. Hh~ gadis manis.
“Jemput cinta” dia ngerutin keningnya sambil tetep natap gue. Lucu banget sih Non.
“誰? (Siapa?)” gue ngacak rambut depannya, Sambil deketin wajah kearahnya. Gemes!
“Kamu. hahah salang haeyo (aku cinta kamu)” Gue ngeliat pipinya memerah. Cinta gue gak bertepuk sebelah tangan lagi kan?
 “Kamu salah Negara! Hahah” ngeliat dia ketawa lepas karena gue aja udah bikin gue bahagia banget. Sederhana banget bahagia itu, Tuhan.
“Kenapa kamu pulang ke Jepang gak ngasih tau aku?”nah, ini dia pertanyaan inti. Gue harus tau kenapa dia gak ngasih tau gue dia balik ke Jepang?
“Kamu kan lagi sama perempuan yang kamu suka. Yang pake kerudung itu. Mata kamu berbinar waktu liat dia” Gue ketawa ngeliat air mukanya yang berubah drastis waktu dia bahas Zidny. Ah jadi kalau perempuan Jepang cemburu itu kaya gini ya? Sering sering cemburu ya, Le!
“Hahah iyah. Tapi dulu, sekarang aku punya kamu, Le” Dia berbalik dengan wajah yang kaya kepiting rebus. Merah banget! Dia mukul gue pake tempat pensilnya, sumpah kenapa gue seneng dipukulin kaya gini sih? Ahahah

Komentar

Postingan Populer